Sabtu, 10 September 2011




يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ
قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (Q. S. Al Baqoroh 183)


R
amadhan, bulan yang penuh dengan berkah. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi hari-hari kita. Di bulan yang penuh barokah ini, sungguh banyak berkah yang dapat kita peroleh. Dengan hanya tidur, itu saja merupakan ibadah, apa lagi kita warnai hari-hari kita dengan membaca Al Qur’anul Karim dan kegiatan-kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Subhanalloh, semoga ramadhan kita be nar-benar mendapat berkah.
Teman-teman kassande unair punya acara ni teman-teman. Yang pastinya seru dan asyik banget. Sayang yang gak ikutan.
“Pesantren kilat”, tak jarang kita mendengar kata-kata tersebut. Ramadhan kali ini CSS MoRA Unair punya acara yaitu “pesantren kilat Ramadhan”. Awalnya acara ini bernama trend SD (pesantren di SD/ sekolah dasar). Kemudian acaranya menjadi “pesantren kilat ramadhan” dengan tujuan agar mudah dipahami oleh banyak kalangan.
Acara ini di adakan di sebuah sekolah dasar di Surabaya namanya SD Negeri Mojo  08 Surabaya mulai dari tanggal 8 sampai 9 agustus 2011. Sasaran dari acara ini adalah siswa kelas 3 dan kelas 6 SD. Bila ditotal jumlah total siswa yang mengikuti acara ini ada 112 siswa.
Acara ini sesuai dengan salah satu visi dan misi css mora unair yaitu poin pengabdian kepada masyarakat.
Dalam acara tersebut diisi dengan beberapa materi tentang ramadhan, akhlak, sholat dan prakteknya, dan satu lagi materi yang sangat menarik yaitu asyiknya berpuasa. Itulah tujuan yang ada dalam acara ini, umumnya anak kecil secara keseluruhan jarang berpuasa, kecuali itu ada dorongan dari orang tua sehingga anak mereka menunaikan ibadah puasa. Bila seorang anak dipaksa maka anak tersebut akan merasa terkekang dan melakukan puasa hanya untuk menurutu kata orang tua. Dan tak jarang dari mereka yang bersembunyi memakan makanan di tempat-tempat yang tersembunyi. Dengan diadakannnya acara seperti ini, seorang anak akan merasa mereka sedang bermain-main dan tak disangka waktu untuk berbuka telah tiba.
Selain semua itu di sela-sela acara pemeteri memberikan kuis kepada para siswa, tentu saja di tengah-tengahnya terdapat game-game yang bisa membuat mereka selalu tertawa dalam mengikuti kegiatan ini. Mungkin lumayan susah untuk mengontrol begitu banyak siswa apa lagi mereka masih SD. Kadang kala di tengah-tengah kelucuan dan kebandelan para siswa membuat acara tidak berjalan dengan kondusif, tapi karena para pemateri sangat berbakat dalam hal ini, semua bisa di atasi.
Setelah srangkaian kegiatan selesai dilanjutkan dengan berbuka bersama
dan dilanjutkan dengan sholat tarawih bersama. Sungguh bahagianya ada di tengah-tengah canda tawa mereka.  “acara ini adalah sebuah acara yang luar biasa, kerja sama yang baik dengan pihak SD. Juga tentunya atas kemampuan panitia, acara ini bisa sukses”, demikia Dewi (Psikologi Unair 2009), yang merupakan ketua dalam acara ini berkata.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

boleh saya tahu, apa saja kegiatan di pesantren kilat ini?
tahun ini ngadain lagi nggak?
itu acara cuma di bulan ramadhan aja ya?