Selasa, 11 Juni 2013


Sabtu (09/06) Terdengar suara anak-anak kecil dan orang dewasa menyebut nama Allah dari suatu tempat. Terletak di sudut gang kecil berdiri musholla, musholla fii sabilillah, yang malam itu menghelat acara isro' mi'roj. Ya, musholla ini merupakan musholla yang dijadikan mahasiswa CSS MoRa UA sebagai tempat pengabdian. Agenda pertama dari acara isro' mi'roj ini adalah istighosah. Begitu ramai. Musholla kecil nan rapi ini telah menjadi tempat yang pas untuk mengadakan acra isro' mi'roj pada malam itu. Musholla berwarna putih bersih dihiasi dengan lampu warna-warni di tepi atap membuat siapapun yang hadir merasakan kenyamanan. Musholla bagian dalam telah dipenuhi oleh anak-anak dan mahasiswa CSS MoRa. Dikarenakan banyak yang hadir dalam acara ini, halaman depan musholla pun digunakan sebagai tempat duduk dan sholat. Walau dengan alas terpal, anak-anak kecil dan orang dewasa yang hadir tetap bersemangat mengikuti jalannya acara. Terdapat beberapa mahasiswa selain CSS MoRa yang turut menghadiri acara ini. Semua berbaur menjadi satu, saling mengenal satu sama lain.

Waktu berjalan kian cepat dengan menunjukkan jadwal sholat isya' telah tiba. Setelah istighosah, adzan pun berkumandang dari musolla fii sabilillah pertanda akan diadakannya shloat isya' berjamaah. Usai sholat isya', acara isro' mi'roj ini dilanjutkan dengan banjari. Banjari yang dimainkan oleh grup Al-Aamiin membuat hadirin di dalam maupun di luar musholla kembali bersemangat untuk terus mengikuti acara. Dengan banyak perut-perut lapar yang mengharapkan acara inti, yaitu makan-makan, acara ini masih terus berjalan dengan lancar. Acara terakhir sebelum acara inti, yaitu ceramah oleh ustadz Saifuddin yang berasal dari Sidoarjo. Pesan singkat dari ceramah ini yaitu "peliharalah sholat". Karena dengan memelihara sholat, kita dapat melawan hawa nafsu. Ada juga kalimat dari ustadz Saifuddin yang membuat hadirin dan hadirah tertantang. Kata ustadz Saifuddin, apabila kita menjalankan sholat berjamaah selama 40 hari penuh tanpa meninggalkan takbiratul uula sekalipun maka kita akan mendapatkan dua kebebasan. Yaitu kebebasan dari api neraka dan kebebasan dari sifat munafik. (tertarik nggak tuuh?? :D)

Alhamdulillah, semua urutan acara berjalan dengan lancar. Sampailah pada acara yang ditunggu-tunggu. Makan bersama, yang sebelumnya telah ditutup dengan doa oleh ustadz Saifuddin, yap! Semua turut berpartisipasi dalam acara ini. Ibu-ibu pengurus konsumsi, mahasiswa CSS MoRa, anak-anak kecil, serta mahasiswa lain yang hadir pun bersama-sama menyantap hidangan malam itu. Makanan dengan menu ayam kentucky dan air putih yang sederhana namun menyenangkan.
Usai makan, tampak wajah sumringah dari hadirin yang datang. Yaa, acara ini bukan hanya merupakan peringatan isro' mi'roj namun juga merupakan penyambung tali silaturrahim sesama umat islam. Satu sama lain saling mengenal dan hal tersebut menjadi sebuah pertemuan yang berkesan dalam acara iso' mi'roj tahun ini.
Sampai jumpa di acara isro' mi'roj tahun depan! ;)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah. Good job !

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah. Good job !

Pengetahuan Kita mengatakan...

Semangat Kesantrian :)