Senin, 03 Juni 2013

oleh ustadz AFRI A.
08 maret 2013/25 Rabi'ul Akhir 1434
 
Hal – hal yang perlu di perhatikan dalam menuntut ilmu :
*Menata niat. karena “INNAMAL A’MALU BINNIAT”. Niatkanlah mencari ilmu karena ALLAH SWT.
*Jangan membicarakan kekurangan dari guru (NGRASANI GURU).
*Hormatilah guru dan keluarganya
*Biarkanlah ALLAH yang memberi kepada kita,tanpa kita mencari tahu bagaimana ALLAH mengajarkannya kepada kita.
*Barang siapa mengajarkan satu ilmu kepada orang lain,niscaya ALLAH akan mengajarinya ilmu yang dia tidak tahu.
 
Ada 4 masa pendidikan menurut Islam :
1.Masa ROSULULLAH
2.Masa khulafaur rosyidin
3.Masa Bani umayyah
4.Masa keruntuhan di baghdad hingga sampai sekarang.
 
Di masa peralihan masa bani umayyah dan masa keruntuhan di baghdad itulah syekh ZARNUJI mengarang kitab TA’LIMUL MUTA’ALIM yang mana ketika itu beliau melihat banyak orang yang menuntut ilmu tetapi salah jalan,tidak berhasil dan bahkan tidak mendapatkan manfaat dari ilmunya atau buah dari ilmu yang dipelajarinya. Oleh sebab itu, mengapa sekarang ini banyak sarjana2 pengangguran. Salah satunya disebabkan karena jalannya atau caranya menuntut ilmu salah. Maka dari itu,sangatlah penting kita terus mempelajari dan mengamalkan isi kitab TA’LIMUL MUTA’ALIM.
 
Ada 4 hal inti kitab TA’LIM MUTA’ALIM (menurut Kyai Kholil Bisri):
1. Karunia ALLAH. Karunia ALLAH di peroleh dengan doa yang sungguh-sungguh dan kesungguhan.“MADU YANG DI SEKITAR SARANG LEBAH TIDAK DI HINGGAPI SERANGGA”. Artinya santri harus steril dari pengaruh negatif,baik mata,tangan,kaki,dan mulut kita,agar kita bisa mendapatkan karunia ALLAH.
2. Belajar yang sungguh-sungguh.“MAN JADDA WA JADA”“Menuntut ilmu itu bukan hanya sekedar menuntut ilmu,tapi bagaimana itu bisa menambah ketaqwaan”
3. Dekat dengan guru. Kita harus tunduk dan patuh terhadap guru selama sesuai ajaran agama. Dan kita juga harus menghormati keluarga beliau. Di dalam menuntut ilmu,kita tidak memandang guru kita islam atau non islam, selama tidak merusak akidah kita. “ LAKUMDINUKUM WALIYADIIN”
4. Sanad yang jelasDi dalam menuntut ilmu,kita harus punya sanad. Sanad sebagian dari mata rantai agama. “BARANG SIAPA YANG MENJADI GURUNYA BUKU(HANYA BELAJAR LEWAT BUKU SAJA),MAKA YANG MENDIDIKNYA ADALAH SYAITHON”
 
"Hanya Dengan Ilmu Yang Diamalkan,Manusia Akan Mulia Sepanjang Zaman"

Wallahu a'lam


0 komentar: