Rabu, 26 Januari 2011



22 JANUARI 2011
Sebelum hari H pelaksanaan Festival Akbar Santri se – Jawa Timur (FASt Jatim), kami selaku panitia mengadakan acara technical meeting untuk menjelaskan beberapa ketentuan dalam pelaksanaan lomba mendatang. Agar hasil dari technical meeting tersebut bisa lebih
 dipahami, terutama bagi peserta yang datang terlambat atau tertinggal, berikut berita acara dan beberapa ketentuan lomba yang diperjelas:
Pembukaan
Acara dimulai pada pukul 8.02 dan dibuka dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an oleh saudara M. Afifuddin (Matematika, 2009). Kemudian dilanjutkan dengan beberapa sambutan. Sambutan yang pertama oleh ketua Panitia FASt Jatim dengan menjelaskan beberapa point, yaitu:
  • Tema dan Tujuan FASt Jatim :
- Tema : Membuka Cakrawala Negeri Melalui Kreativitas dan Intelektual Santri
- Tujuan : 1) Mnegkukhkan tali silaturahmi antar pesantren di Jawa Timur
2) Miningkatkan minat dnan bakat para santri.
  • Jumlah peserta : Sekitar 45 pesantren dengan jumlah santri 550 santri
Sambutan selanjutnya adalah sambutan dari Ketua CSSMoRA UNAIR. Dalam sambutannya beliau mengenalkan “CSSMoRA”. CSSMoRA merupakan program Kementrian Agama sebagai organisasi bagi santri berprestasi yang mendapatkan beasiswa dari Kemenag untuk melanjutkan studi di beberapa PTN di Indonesia, yang salah satunya adlah Universitas Airlangga. Dan berkaitan dengan acara FASt Jatim ini, FASt Jatim merupakan salah satu agenda program kerja CSSMoRA UNAIR yang baru pertama kali diselenggarakan. Dan Insya Allah acara ini akan dijadikan even nasional untuk ke depannya nanti.
Untuk beberapa ketentuan lomba yang diperjelas di TM adalah sebagai berikut:
  1. Mading 3D on The Spot
Terdapat beberapa kriteria dalam penilaian maing tersebut, yaitu: Isi, Kreativitas dan kebersihan area mading. Namun Prioritas penilaian Mading 3D adalah isi mading. Penialaian mading juga didapat dari vote/dukungan para pengunjung yang melihat pameran mading. Oleh karena itu, masing-masing pondok pesantren diperbolehkan membawa supporter sebagai pendukung. Untuk budget pembuatan mading, panitia tidak membatasi. Panitia membebaskan kepada masing-masing peserta dalam jumlah budget pembuatan mading. Seberapa besar budget yang dikeluarkan, tidak akan berpengaruh kepada penilaian.
Untuk isi mading, boleh menggunakan hasil ketikan komputer, hasil tulis tangan dll. Tergantung kreativitas masing-masing peserta. Saat pembuatan mading nanti, panitia akan memberikan “sesuatu yang unik” yang masih dirahasiakan untuk dipasang di masing peserta.
Untuk tim yang menunggu mading, adalah semua anggota yang tergabung dalam tim.

2). Seni Kaligrafi Al Qur'an
Untuk perlombaan seni Kaligrafi, peserta wajib menggunakan kaligrafi metode mushaf. Yaitu berupa ayat Al Qur’an berada di tengah dan ada hiasan di tepi. Untuk masalah penulisan ayat, harus sesuai dengan kriteria penulisan yang tertera di dalam kertas fotocopy yang telah diberikan oleh panitia.
3). Santri Championship

Untuk penilaian dalam championship, akan diadakan tim tabulasi. Soal ada beberapa kategori, yaitu: kebahasaaan, video berdurasi 30 menit, tentang tokoh-tokoh Indonesia. Untuk soal-soal yang berkaitan tentang keagamaan, tidak akan ada soal-soal yang khilafiyah. Untuk peserta yang sakit atau berhalangan hadir, tidak bisa digantikan oleh peserta yang lain.
4). Seni Banjari
Penjelasan sesuai dengan apa yang tertera di fotocopy dari panitia.
Untuk aransemen atau modifikasi lagu, hanya boleh dimodifikasi tempo dan musiknya saja. Namun, modifikasi tersebut dalam artian tidak merubah total sebagaimana lagu yang sudah diupload oleh panitia di blog FASt Jatim. Syair lagu wajib (Anal Faqiiru Ilaika Ya Rabb), harus sama persis dengan lagu yang sudah diberikan oleh panitia. Waktu dimulai saat peserta memulai lagu. Untuk salam, tergantung kreatifitas peserta. Prioritas penialaian berada pada harmonisasi musik. Penggunaan alat banjari harus banjari murni, tidak boleh menggunakan alat-alat musik melodis seperti (gitar, organ, dll) dan alat musik elektrik. Untuk teknis penyajian lagu, lagu yang pertama dinyanyikan adalah lagu wajib.
Keterangan waktu :
- untuk lampu kuning : persiapan
- Untukl lampu hijau : mulai
- Untuk lampu merah : berhenti

5). Qiro'atul Kutub
- Untuk pengambilan maqro' ketika sebelum maju (akan ada pembacaan peraturan sebelum lomba dimulai )
- Kitab yang digunakan adalah kitab Fathul Mu'in dan Kifayatul Akhyar.
- Qoidah nahwu dan shorof boleh bersumber dari kitab mana saja (contoh : Jurumiyah, alfiyah, dll)
- Bagi peserta putra maupun putri tidak ada perbedaan dalam penilaian.
- Wajib bagi masing-masing pondok mengirim 1 perwakilan hanya putra saja atau putri saja, tidak boleh kedua-duanya.

Tambahan Tata Tertib FASt Jatim 2011
Tambahan mengenai penjelasan tata tertib umu FASt Jatim 2011 adalah sebagai berikut :
- Bagi peserta yang datang terlambat, peserta tetap dapat mengikuti perlombaan, namun diusahakan hadir tepat waktu karena adanya acara pembukaan.

Alternatif Penginapan :
- Asrama mahasiswa kampus C Unair dengan kapasitas 40 kamar (1 kamar untuk 2 orang). Biaya per kamar Rp 50.000 satu malam (per orang Rp 25.000,-)
- Asrama Haji Sukolilo. Biaya per orang Rp 22.000,- per malam.
Untuk informasi mengenai nomor undian peserta menysul.
DENAH KE LOKASI LOMBA

0 komentar: