Jumat, 20 Mei 2011


M

inggu 15 mei 2011, tepatnya di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga Surabaya CSS MoRA Unair mengadakan seminar public speaking “Be A Magician Of Talking” oleh Prof. H. Abdul Latief Burhan, seorang dosen negeri di Fakultas Sains Dan Teknologi Unair.
Dengan pembicara yang sangat ahli dalam puplic speaking, terlihat antusias dari para peserta sangat menggebu-gebu. Di dalam seminar itu kita tidak hanya mendapat materi tapi juga cara mempraktekkan di depan orang banyak. Tak sempat-sempatnya bapak latief meluamgkan waktu yang dia gunakan untuk menarik salah satu peserta untuk langsung berbicara di depan umum, tanpa banyak bicara terlihat peserta langsung maju dan
menunjukkan bahwa mereka bisa bicara di depan umum, meskipun masih banyak hal yang harus dibenahi.
Terus bagaimana sih tanggapan peserta, tentang acara ini. Setelah acara selsai, kami tim kominfo CSS MoRA unair menanyakan gimana sih tanggapan anda terhadap acara ini. Badrotut tamamia, seorang mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair, mengatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat terutama bagi kita sebagai mahasiswa yang akan menghadapi masyarakat luas. Dengan seminar ini public speaking dapat melatih skill dalam berbicara sehingga “to be a magician of talking” dapat melekat dalam diri kita. Tapi sayang nya tidak semua peserta berkesempatan mempratekkannya. Dan saya rasa acara ini harus diadakan tidak hanya satu kali dalam setahun tapi mungkin bisa menjadi acara bulanan CSS MoRA untuk mengasah skill yang lebih tajam lagi.
Terus bagaimana kah tanggapan dari ketua CSS MoRA Unair, Awal Setyo Pranoto. “dengan persiapan hanya 2 minggu, dengan usaha yang maksimal acara ini bisa di selenggarakan,  panitia bisa men creat acara ini dengan sedemikian rupa ”, begitu perhatiannya ketua css mora pada anggotanya. “karena organisasi kita berorientasi pada pengapdian masyarakat dan pondok pesantern, nah.. dalam menjalankan tugas itu sangat diperlukan skill berbicara  yang di depan public, selain itu juga bisa membantu teman-teman  dalam melakukan presentasi, memberikan sambutan-sambutan, menghadapi ujian skripsi, dan yang lain yang berhungan dengan kemampuan berbicara di depan umum”, kata awal. Harapan beliau kedepannya lebih banyak lagi teman-teman kassande yang bis aikut, karena acara ini ada karena teman-teman kassande, AMIN…….. semoga bisa terealisasi dengan baik. karena organisasi kita berorientasi pada pengabdian masyarakat dan pondok pesantren ....
Nah, dalam menjalankan tuga itu sangat dibutuhkan Skill berbicara yang baik di depan publik ...
Jadi , harapannya dengan program ini bisa meningkatkan kemampuan pulic speaking teman2 kassande sebagai modal untuk pengabdian kita.
karena organisasi kita berorientasi pada pengabdian masyarakat dan pondok pesantren ....
Nah, dalam menjalankan tuga itu sangat dibutuhkan Skill berbicara yang baik di depan publik ...
Jadi , harapannya dengan program ini bisa meningkatkan kemampuan pulic speaking teman2 kassande sebagai modal untuk pengabdian kita.

Bagi kalian-kalian yang pingin jago berbicara di depan umum, ni tips dan trik dari bapak latief :
Pertama ukurlah kemampuan anda, apakah anda sudah termasuk orang-orang yang ahli dalam masalah berbicara di depan umum. Jika tidak, anda bisa melakukan hal lain, diantaranya : bisa dengan menulis pada kertas, mungkin ini langkah awal yang harus kita lakukan. Setelah kita mulai lancar baru kita mulai dengan membuat poin-poin apa yang akan kita sampaikan kepada peserta atau audien. Atau cara lain adalah dengan menggunakan LCD.
Kedua, perhatikan penampilan, intonasi, cara berbicara yang wajar, keras dan santun.
Ketiga, buatlah pembukaan dengan susunan kalimat yang actual (berdasarkan berita terbaru dan sampaikan dengan mimik yang wajar)
Keempat, berbicara dengan kosa kata dan bahasa yang lugas, singkat, dan tegas.
Kelima, intonasi berbicara sejak awal sampai kahir harus memberikan indicator penguasaan masalah dan kemampuan berbicara, wawasan pengetahuan dan kepribadian yang unggul tidak tercela.
Yang terakhir, bersikaplah dengan bahasa tubuh dan tradisi sebagai muslim atau muslimah.
Mudah bukan??? Sekarang mulailah mencoba,,,,,,


0 komentar: